THAI Meminta Penumpang untuk Memeriksa Laptop MacBook Pro 15-Inch Sebelum Membawa ke Dalam Penerbangan

05 September 2019

Demi kenyamanan penumpang, Thai Airways International Public Company Limited (THAI) telah mengevaluasi bahaya dan risiko baterai lithium dan menganggap perlu untuk membuat amandemen terhadap peraturan transportasi melalui udara mengenai baterai lithium atau perangkat elektronik portabel bertenaga baterai lithium. Oleh karena itu, penumpang diminta bekerja sama untuk memeriksa apakah laptop MacBook Pro 15-inch penumpang adalah produk generasi lama yang dipasok oleh Apple Inc. antara September 2015 dan Februari 2017, yang berada di bawah program penarikan baterai oleh pabrikan, sebelum membawa perangkat tersebut ke dalam semua penerbangan termasuk ke dalam bagasi.

Letnan Penerbangan Pratana Patanasiri, THAI Vice President, Aviation Safety, Security and Standards, mengatakan bahwa, sesuai dengan panduan dari Otoritas Penerbangan Sipil Thailand mengenai pengangkutan laptop MacBook Pro 15-inch di pesawat, THAI berkewajiban meminta penumpang untuk memeriksa apakah laptop MacBook Pro 15-inch yang dimiliki adalah yang didistribusikan oleh Apple Inc. antara September 2015 dan Februari 2017, sebelum membawanya ke pesawat THAI dalam carry-on baggage mau pun checked baggage. Perangkat tersebut ditarik kembali oleh Apple Inc. dikarenakan beberapa baterai di antaranya terlalu panas dan menimbulkan risiko kebakaran kecuali jika telah diperbaiki atau baterai telah diganti seperti yang disarankan oleh pabrikan. Penumpang dapat memeriksa nomor seri produk yang dimaksud di https://support.apple.com/15-inch-macbook-pro-battery-recall. Saat ini, THAI tidak memiliki langkah-langkah penyaringan tambahan untuk laptop MacBook Pro yang dimaksud.

Namun, jika penumpang perlu membawa model laptop MacBook Pro yang disebutkan di atas ke pesawat THAI, penumpang hanya dapat membawanya ke dalam carry-on baggage, dan THAI meminta kerja sama penumpang untuk tidak menggunakan atau mengisi daya baterai laptop selama penerbangan.

Selain itu, beberapa negara* bisa memiliki batasan lebih lanjut tentang membawa perangkat yang dilarang ke pesawat, THAI menghimbau penumpang untuk mencari tahu terlebih dahulu mengenai pembatasan tersebut. THAI tidak bertanggung jawab atas semua konsekuensi yang bisa terjadi pada perjalanan penumpang jika petugas bandara keberangkatan melarang penumpang membawa perangkat yang dipermasalahkan ke dalam pesawat.

Untuk menghindari situasi berbahaya atau risiko kebakaran, penumpang dihimbau untuk memeriksa apakah perangkat elektroniknya mengalami kerusakan atau mengeluarkan panas atau asap. Jika perangkat elektronik jatuh di sela-sela kursi pesawat, penumpang diminta untuk menghubungi pramugari untuk mendapatkan bantuan.

Untuk informasi lebih lanjut, penumpang dapat mengunjungi thaiairways.com atau menghubungi THAI Contact Center di Tel. (+66) 2-356-1111 (24 jam).

*Misalnya, Vietnam dan Amerika Serikat.